SNS AL_Hadi

Bersama berbagi pengalaman

Prita di NewYorkTime

‘Trapped Inside a Broken Judicial System After Hitting Send’ itulah judul berita dari NewYorkTime / NYT, bercerita tentang kasus Prita dari awal mula hingga situasi terkini. Mengutip dari penyataan kuasa hukum Prita, ‘From email to jail’. NYT juga mewawancara Prita dan keluarganya. ”Orang kecil selalu kalah di mata penguasa di negara ini. Kasus saya mendapat simpati luas karena saya seperti itu,” kata Prita.

NYT juga menyoroti lemahnya penegakkan hukum dan banyak celah hukum yang bisa dimanfaatkan dalam sistem hukum Indonesia. Berkali-kali dikutip pernyataan seperti : world’s most corrupt legal system, hakim-jaksa-aparat yang mudah disogok, dan perseteruan aparat hukum seperti Polri – Kejaksaan – Komisi Pemberantasan Korupsi.

Tak luput dari koran ini adalah sejumlah kasus yang menimpa rakyat kecil yang diseret ke pengadilan. Mereka mengutip kasus Nenek Minah dengan biji kakaonya dan kasus orang yang mengisi ulang batere telepon seluler tapi didakwa mencuri listrik.
rupanya kasus ini menjadi perhatian pula di luar negeri, malukah para penegak hukum tapi yang belum bisa tegak, para pejabat yang berkaitan dengan kasus ini, dimanakah hati nurani, mereka hanya bisa mempermainkan pasal demi pasal dalam undang undang tanpa menyentuh aspek yang paling dalam yaitu hati nurani, ingatkah dia akan hukum yang benar benar lurus yaitu hukumnya alam atau hukum ALLOH SWT.

10 Desember 2009 - Posted by | hukum |

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: