SNS AL_Hadi

Bersama berbagi pengalaman

listrik…?!

listrik…….
listrik bisa jadi sahabat bisa juga jadi musuh bagi kita, menjadi sahabat apabila kita dapat mengendalikan listrik, dan jadi musuh apabila kita sudah tidak bisa mengendalikanya.
Coba saja tengok kebakaran yang sering melanda pemukiman yang terdapat dikota kota besar, mengapa ini sering terjadi daripada di dareah pedesaan ataupun kota kota kecil lainya, dan ironisnya kebakaran yang terjadi di picu dari korsleting kabel listrik, maklum saja karena di kota kota besar umumnya para pelanggan memakai daya yang besar sedangkan kabel yang mereka pakai dibawah standart yang dianjurkan, sebagai contoh kaebel yang kita beli untuk keperluan penyambungan titik baru instalasi rumah kita, kalu kita perhatikan berapa besar diameter kawat yang terdapat dalam kabel, dan dari diameter kawat itu berapa arus listrik yang mampu dilewatkan oleh kawat tersebut, bila kabel itu berkemampuan melewatkan arus maksimal hanya 2 ampere sedangkan beban yang lewat lebih dari 2 ampere lama kelamaan kawat tersebut akan menjadi panas dan akhirnya akan terbakar.

dan menurut pengalaman pribadi saya, memang pemakaian kabel di kota kota besar terutama di pemukiman pemukiman memang masih di bawah standart, dan masih maraknya pengambilan listrik secara ilegal, serta terus meningkatnya kebutuhan llistrik rumah tangga yang terus meningkat. pengalaman pribadi saya waktu masih tinggal dikota terus terang kalau saya perhatikan dirumah kontrakan, diperumahan perumahan memang marak terjadi penyambungan listrik secara ilegal dan rata rata di beri pembatas arus / mcb ataupun sekering yang lumayan besar sehingga kalau terjadi korslet listrik pembatas ini tidak berfungsi dan yang kalah malah kabelnya, dan ini yang sering menjadi penyebab kebakaran, sebenarnya kebakaran akibat listrik kita bisa minimalkan asala kita tahu akan batasan batasan pemakian listrik di rumah kita
Dalam memilih kabel listrik seringkali kita tidak memperhatikan bahan dan kualitas kabel yang telah kita beli. karena kurang telitinya kita, maka akan menyebabkan kebakaran akibat hubungan singkat atau konsleting. Ada beberapa tips dalam memilih kabel listrik :
1. kita harus jeli memperhatikan penandaan yang tertera pada kabel atau label pada setiap roll kabel, adanya penandaan sertifikasi SPLN harus tertera pada kabel. Penandaan SPN atau IMK atau LNK bukan penandaan standarisasi yang diakui PLN untuk kabel listrik, padahal kabel yang tidak memiliki standarisasi dapat membahayakan instalasi listrik yang dapat mengakibatkan konsleting atau hubungan singkat, kabel dapat terbakar dan yang lainnya.
2. kita harus memperhatikan ketebalan atau luas penampang conductor( kawat tembaga ) pada insulation, kawat tembaga murni berwarna kuning keemasan dapat dibuktikan, kawat tidak akan menempel pada lapisan magnet atau tidak berubah warna apabila di kikir dan juga mudah untuk di solder. kawat yang tidak menggunakan kawat tembaga mengakibatkan kawat mudah panas dan terbakar.
3. Perhatikan PVC insulation dan sheating atau jacket-nya. penampang ketebalan PVC harus sama rata dan PVC tidak mudah dikupas dengan tangan. PVC yang tidak standar akan mudah rusak dan tidak dapat melindungi conductor yang dapat menimbulkan kebocoran arus listrik.
4. membali kabel harus sesuai dengan ketentuan tipe dan ukuran kabel yang dibutuhkan sesuai dengan kebutuhan beban atau ampere yang ada.
5. Ada baiknya konsultasi dengan pihak pemasang ( jasa pemborong atau instalatir ) sebelum menentukan tipe kabel yang akan dibeli.
6. Periksa kembali keaslian kabel sebelum membeli, mulai dari segel, label yang tertera dan kondisi barang. jika perlu dites terlabih dahulu.
7. jangan tergoda barang murah kualitas juga murahan, karena konsumen kadang tidak terlalu memperhatikan keamanan kabel listrik yang dibeli.Ada kualitas ada harga yang pantas.
kemungkianan kalau kita memperhatikan point point diatas kemungkinan besar kebakaran akibat hubungan pendek arus listrik bisa kita minimalisir.

14 Desember 2009 - Posted by | pln, tip, travo | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: