SNS AL_Hadi

Bersama berbagi pengalaman

perubahan iklim

SAN FRANSISCO–Google, pada Kamis (10/12) meluncurkan sebuah alat yang memungkinkan para ilmuwan dan pembela lingkungan menggunakan Internet demi menjaga yang tersisa dari hutan di muka bumi.

“Kami berharap teknologi ini akan membantu menghentikan kehancuran dari menghilangnya hutan dengan cepat di dunia,” Rebecca Moore dan Amy Luers dari unit filantropis milik raksasa internet AS, Google.org, mengatakan dalam sebuah blog.

Teknologi ini memungkinkan ilmuwan menganalisis data mentah dari citra satelit. Sekaligus dapat mengekstrak informasi seperti lokasi dan pengukuran deforestasi atau bahkan regenerasi hutan.

Sistem host dalam “awan” Google, memiliki potensi untuk mengungkapkan dalam hitungan detik ketika hutan sedang ditebang, dibakar atau dibuldoser.

“Mampu mendeteksi kegiatan penebangan liar lebih cepat dapat membantu mendukung penegakan hukum setempat dan mencegah terjadinya deforestasi lebih lanjut,” tulis Moore dan Luers.

Emisi dari deforestasi tropis sebanding dengan emisi semua Uni Eropa. Tak cuma itu, angka itu lebih besar daripada semua mobil, truk, pesawat, kapal dan kereta api di seluruh dunia.

Google menunjukkan sebuah prototipe teknologi tersebut pada perundingan iklim PBB di Kopenhagen. Sistem pelacakan hutan saat ini sedang diuji oleh sebuah kelompok kecil dari mitra Google. Rencananya aplikasi tersebut akan tersedia sebagai layanan nirlaba, demikian menurut Moore dan Luers.

23 Desember 2009 - Posted by | Uncategorized | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: