SNS AL_Hadi

Bersama berbagi pengalaman

animasi Indonesia

Diprediksi industri animasi di Indonesia akan mulai booming pada tahun 2011. Salah satu faktor pendorong meningkatnya industri animasi adalah harga hardware yang semakin turun serta peningkatan kualitas sumber daya manusia Indonesia.
“Saat ini harga hardware semakin turun, berbeda dengan tahun 1990 an di mana harga hardware masih tinggi, dan itu akan memudahkan seorang animator untuk membuat karya-karya animasi,”
saat ini sebenarnya yang masih menjadi kendala dalam pertumbuhan industri animasi antara lain faktor Sumber daya manusia. ” sudah saatnya animator di Indonesia diberi pembobotan pengetahuan mengenai IT,”
“Untuk mendukung industri animasi dibutuhkan pengetahuan dan skill terutama untuk bisa menghasilkan dan memanfaatkan tools animasi. Animator juga harus menguasai konsep-konsep teori, Apalagi di era perdagangan bebas seperti ini,”
Saat ini, animasi akan banyak diginakan di bidang iklan, sementara untuk film animasi Indonesia belum berbicara banyak.
“menurut prediksi pada tahun 2011 nanti industri animasi akan mulai booming,meskipun sulit ya untuk memprediksi segala sesuatu di Indonesia,”
Sementara itu, pengembang game Nusantara Online, Chairul Fahmi mengatakan industri animasi merupakan bisnis paling potensial di Indonesia. Para pelaku industri kreatif dapat mengambil berbagai sumber konten Indonesia yang sebenarnya bertebaran dan tak kalah dengan negara lain.
“Indonesia memiliki 33 provinsi, dan 726 bahasa ini bisa diartikan bahwa masih baanyak sumber-sumber untuk dikembangkan sebagai konten,” kata Chairul.
Chairul mengatakan keuntungan yang diraup untuk salah satu film animasi sangat berlipat ganda. Dicontohkannya, film animasi besutan Pixar Animation seperti The Incredibles yang dibuat pada tahun 2004 berhasil meraup keuntungan USD631.442.092 padahal biaya produksinya hanya sekira USD92 juta.

30 Januari 2010 - Posted by | komputer, posting | ,

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: